Tips Membuat Iklan Yang Menarik

TIPS MEMBUAT IKLAN YANG MENARIK

Iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak. Maksud dan tujuan dibuatnya iklan adalah untuk mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Promosi dengan kampanye iklan dalam dunia bisnis merupakan bagian yang sangat penting. Saat ini, pilihan bentuk dan media iklan sangat beragam, mulai dari media brosur, koran, internet, spanduk, serta iklan visual di televisi dan konten video internet. Dalam mendesain sebuah visualisasi iklan yang menarik, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, misalnya komposisi warna, gambar background, tema iklan, dan pemilihan kata-kata promosi yang tepat.

Prinsip Pembuatan Iklan Yang Menarik

1. Pahami Konsumen

Sebelum menghabiskan waktu dalam mendesain sebuah iklan, pastikan Anda telah memahami calon konsumen Anda. Anda harus mengetahui mengapa mereka mau membeli produk yang dijual?. Hal terpenting apa yang dapat dilakukan atau yang diterima oleh mereka?. Solusi apa yang bisa anda tawarkan dari produk Anda? Dan pertanyaan-pertanyaan sejenisnya.

Jika tidak mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, tanyakan saja kepada tenaga penjualan Anda atau berbicara langsung dengan para pelanggan. Gunakan jawaban mereka untuk membantu dalam menentukan poin terpenting yang akan Anda tuangkan pada iklan.

Iklan yang menarik akan menarik banyak minat dari konsumen

2. Perhatikan Prinsip AIDA

Apa itu AIDA ?. AIDA adalah Attention (perhatian), Interest (ketertarikan), Desire (keinginan), dan Action (tindakan). Iklan yang akan disebarluaskan harus membuat para calon konsumen tertarik melihatnya. Kemudian konsumen akan mulai tergoda untuk membaca, selanjutnya menjadi terpengaruh untuk memiliki produk yang ditawarkan. Tujuan akhirnya adalah membuat mengambil keputusan untuk get action (misalnya: menelepon, membeli, memesan, atau bergabung dalam bisnis Anda.

Baca : BASIC SELLING SKILL

3. Maksimalkan Content Iklan

Jangan memuat hal-hal yang kurang penting. Cantumkanlah manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh konsumen, poin-poin utama yang menjadi fokus konsumen, anjuran tindakan selanjutnya, alasan mengapa mereka harus action now, dan tulis cara mereka menghubungi anda dengan mudah. Intinya adalah deskripsikan secara jelas apa saja manfaat yang akan diperoleh oleh konsumen jika memilih produk anda.

4. Buat Desain Yang Unik

Bagi Anda yang lebih memilih iklan visual, hal penting yang mesti dilakukan agar iklan berfungsi maksimal dan efektif adalah membuat desain yang menarik dan unik. Hindari pula memajang gambar-gambar yang kurang penting. Para calon konsumen hanya membutuhkan detail produk, bukan sesuatu yang dapat membuat mereka menjadi kurang fokus terhadap apa yang anda tawarkan.

5. Buat Pilihan Kata Iklan Yang Menarik

Biasanya konsumen hanya perlu waktu 5-10 detik untuk memutuskan memperhatikan atau tidak sebuah iklan. Oleh karena itu, judul atau kata-kata pada iklan harus dihiasi dengan headline yang menggoda. Grafiknya juga harus memancing rasa ingin tahu. Pemilihan diksi kata sangat menentukan persuasi konsumen. Dan inilah yang akan kita bahas selanjutnya.

Baca : KONSEP MARKETING YANG WAJIB DIKETAHUI

6. Bila Perlu Gunakanlah Influencer

Jika memang Anda ingin lebih cepat dalam menjangkau pasar yang lebih luas, maka bisa juga menggunakan bantuan influencer atau orang terkenal di dalam iklan. Saat ini cukup banyak influencer yang tersebar di berbagai macam media sosial. Salah satu yang paling banyak adalah di Instagram. Dengan memakai jasa mereka, maka iklan Anda bisa menjadi jauh lebih menarik dan jauh lebih cepat diperhatikan oleh orang banyak. Apalagi apabila pengaruh dari influencer tersebut bisa membuat orang-orang mau membeli produk Anda.

Salah satu agar iklan cepat dikenal adalah dengan menggunakan jasa influencer

Baca : STRATEGI MENINGKATKAN ENGAGEMENT DI INSTAGRAM

Contoh Kata-Kata Menarik Dalam Iklan

Penggunaan kata-kata yang sesuai akan memberikan dampak berlipat terhadap ketertarikan para calon konsumen. Ada banyak pilihan kata dalam beriklan yang mampu memberikan kesan khusus dan mendalam bagi para pembaca iklan, antara lain:

1. Gratis atau Free

Siapa di dunia ini yang tidak suka gratisan?. Penekanan kata “Free” atau “Gratisss” dalam periklanan memang menjadi salah satu senjata andalan dalam menarik dan mendatangkan konsumen. Hal-hal yang digratiskan umumnya merupakan bagian penunjang (bukan poin utama) dalam komponen bisnis atau produk, misalnya gratis pendaftaran, free wifi, gratis test drive, dan sebagainya. Dalam bisnis teknologi, konsep Freemium telah membuat perusahaan Google, Facebook, Twitter, menjadi perusahaan raksasa dunia.

2. Amazing Atau Menakjubkan

Dalam iklan, kata ini merupakan pilihan yang menegaskan bahwa produk yang anda jual mempunyai sesuatu yang membuat orang terkagum-kagum. Misalnya obat penumbuh rambut kilat, alat penurun berat badan cepat, kursus kilat cepat bisa, dan sebagainya. Namun perlu diingat, pemakaian kata amazing (menakjubkan) dalam kampanye iklan harus benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Agar sukses beriklan dengan kata amazing, jangan lupu untuk mencantumkan bukti-bukti yang otentik.

Iklan adalah media promosi yang penting bagi bisnis

3. New Atau Baru

Kata jargon “baru” sering dipakai untuk memperkenalkan suatu produk bisnis yang belum pernah ada. Bisa juga untuk mempromosikan varian produk terbaru. Contoh kalimat iklannya: “Baru…, investasi berprofit besar!!!”.

4. Satu-Satunya

Penekanan kata “Satu-satunya” dalam dunia advertising bertujuan membuat para konsumen meyakini bahwa produk jasa atau pun usaha yang anda tawarkan merupakan pilihan yang terbaik. Dengan kata lain konsumen tak memiliki alternatif yang lain lagi. Misalnya “Kamilah satu-satunya lembaga kursus yang telah bekerjasama dengan Universitas Singapura….dst”.

5. Bergaransi

Jika produk yang Anda tawarkan ada kemungkinan diragukan konsumen, baik yang menyangkut kualitas produk, efek samping, ataupun hasil yang diperoleh konsumen, maka langkah terbaik adalah memberikan jaminan kepada konsumen. Contoh yang paling sering dipakai adalah “Jika gagal, garansi uang kembali”.

6. Beda Atau Berbeda

Pemilihan kata “beda” dalam periklanan berguna untuk menunjukkan penawaran produk yang spesial, unik, atau berkonsep lain. Contoh penggunaannya “Inilah produk roti dengan rasanya spesial, dan benar-benar berbeda”.

Itulah beberapa tips untuk membuat iklan yang menarik. Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas sekaligus (berbarengan) agar bisa menghasilkan iklan yang berkualitas. Perlu digarisbawahi bahwa membuat iklan tidaklah mudah, tapi jika tahu caranya, Anda bisa membuatnya menjadi semenarik mungkin.

Baca : PENTINGNYA DATABASE PELANGGAN UNTUK KESUKSESAN BISNIS

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *