Pentingnya Database Pelanggan Untuk Kesuksesan Bisnis

PENTINGNYA DATABASE PELANGGAN UNTUK KESUKSESAN BISNIS

Database pelanggan adalah kumpulan informasi komprehensif terorganisir yang berisi diantaranya nama pelanggan, data demografis,riwayat transaksi dan informasi lain yang berkaitan dengan pelanggan. Jika dimanfaatkan secara maksimal, informasi didalamnya dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan.

Menjalankan sebuah bisnis apapun tentunya akan selalu berhubungan dengan yang namanya pelanggan. Mengenali data pelanggan akan membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan lebih banyak bisnis. Memahami pelanggan adalah kunci untuk memberi mereka layanan yang baik yang pada gilirannya menghasilkan hubungan pelanggan yang kuat.

Database Pelanggan akan membuat bisnis anda sukses jika dimanfaatkan dengan baik

Manfaat Database Pelanggan

Saat memulai sebuah bisnis , seringkali para pebisnis merasa kebingungan kemana harus mendistribusikan produknya. Hal ini biasanya disebabkan karena ketidaksiapan mereka dalam menetapkan pasar yang akan dituju. Kemungkinan lainnya adalah para pebisnis tersebut sudah memiliki database yang besar, tetapi tidak diolah secara maksimal. Mereka hanya fokus untuk mencari konsumen baru dan melupakan pelanggan yang sudah ada . Database pelanggan yang akurat dan lengkap dapat diibaratkan sebagai senjata yang ampuh bagi para pebisnis karena memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Membantu Memprediksi Kebutuhan Pelanggan

Dalam sebuah bisnis, membaca kesempatan dengan memprediksi kebutuhan pelanggan menjadi hal yang penting. Dengan data yang yang detail Anda akan terbantu saat mengidentifikasi preferensi pelanggan. Anda bisa mengetahui pola pembelian serta memprediksi kebutuhan pelanggan, bahkan sebelum mereka mengatakannya.

2. Gambaran Potensi Pasar

Database pelanggan yang lengkap dan akurat akan sangat membantu Anda dalam menentukan potensi pasar berdasarkan area atau kelompok umur. Dengan demikian Anda bisa menganalisa produk yang tepat untuk pembeli yang tepat. Jika potensi penjualan di area yang dituju masih rendah, maka Anda bisa segera menentukan strategi promosi yang dapat mendongkrak penjualan.

3. Membantu Menganalisa Penjualan

Database yang baik akan membantu Anda dalam menawarkan produk baru kepada pelanggan baru dan lama. Selain itu Anda juga dapat menganalisa penyebab penurunan atau peningkatan penjualan. Dengan demikian Anda dapat segera menentukan strategi yang dibutuhkan saat penjualan menurun.

Database Pelanggan dapat dijadikan dasar membuat analisa dan untuk mengambil keputusan

Baca : CARA CERDAS MENANGANI KOMPLAIN PELANGGAN

4. Merekam Pelanggan Blakclist

Sebagai seorang pebisnis, jangan sampai membuang waktu hanya untuk menjual produk ke orang yang salah. Dengan database pelanggan yang dimiliki, Anda akan mengetahui konsumen mana saja yang bermasalah dalam melakukan transaksi jual beli. Seorang pelanggan dapat Anda masukkan ke dalam kategori blacklist karena alasan tertentu, seperti fake customer atau pelanggan yang bermasalah pada saat melakukan pembayaran.

5. Petunjuk Arah Penjualan

Database pelanggan dapat digunakan sebagai salah satu penunjuk arah penjualan agar produk dapat memasuki pasar yang tepat. Aktivitas penjualan akan berjalan secara cepat dan efisien jika tenaga penjual telah dilengkapi dengan database yang prospektif dan menjadi target pasar bisnis Anda.

Baca : AFTER SALES SERVICE SEBAGAI KUNCI KESUKSESAN BISNIS

6. Sarana Berkomunikasi Dengan Pelanggan

Jika sudah memiliki database pelanggan, maka tugas Anda selanjutnya adalah menjalin komunikasi dengan mereka secara personal sehingga timbul kedekatan. Inilah yang menjadi kunci agar mereka tetap loyal terhadap produk Anda bahkan merekomendasikan produk Anda.

7. Menambah Omset Atau Arus Kas

Database pelanggan yang detail juga erat kaitanya sebagai sarana untuk mendongkrak omset penjualan. Ketika Anda bisa menyiapkan sebuah hal yang pelanggan butuhkan, otomatis omset juga akan bertambah. Semakin banyak data yang dimiliki, peluang yang dihasilkan untuk memasarkan produk lebih besar.

Mengelola Database Pelanggan

Database pelanggan jika dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal akan memberikan banyak keuntungan untuk bisnis. Seluruh data ini adalah aset yang sangat berharga, dengan database tersebut, Anda bisa dengan mudah menggunakannya untuk melakukan promosi, pengenalan produk baru,penetapan harga hingga membuat produk atau layanan baru bagi pelanggan.

Contoh Aplikasi Pengelolaan Data Pelanggan Optima Solusi Digital yang sudah terkoneksi dengan layanan customer relationship management (CRM).

Software pengelolan database pelanggan yang terkoneksi dengan aplikasi CRM

Mengingat pentingnya pengelolaan database pelanggan, alangkah baiknya sebagai pebisnis Anda mulai fokus untuk memperhatikannya secara seksama. Terlebih apabila saat ini Anda masih menyimpan data pelanggan secara manual dan belum terkoneksi dengan baik bersama aplikasi pendukung lainnya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *