Mengapa Digital Marketing Sangat Penting Bagi Bisnis

MENGAPA DIGITAL MARKETING SANGAT PENTING BAGI BISNIS

Digital Marketing saat ini adalah istilah yang sangat sering kita dengar. Bukan semata karena istilahnya namun karena besarnya pengaruh yang ditimbulkan, terlebih bagi Anda yang menjadi pengusaha

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus pintar-pintar mengenali apakah usaha Anda sekadar jalan atau berkembang. Memang, bisnis bisa dikatakan berjalan jika berhasil bertahan di persaingan pasar dan mencetak revenue. Tetapi itu saja tidak cukup untuk menjamin kesuksesan usaha Anda.

Target Anda haruslah memiliki bisnis yang berkembang. Indikatornya adalah revenue.  Anda terus mengalami lonjakan yang signifikan, karyawan senang, pemodal pun akan merasa puas.

Pertanyaannya adalah: bagaimana caranya agar bisnis Anda berkembang seperti itu?

Banyak faktor yang bisa menjawab itu. Dan salah satu yang menjadi kunci, tapi justru sering dilupakan orang, adalah pentingnya digital marketing.

Digital Marketing adalah hal yang sangat penting untuk sebuah bisnis

Apa itu Digital Marketing ?

Digital marketing adalah semua upaya atau kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik atau internet dan dipadukan dengan berbagai strategi pemasaran  serta berbagai platform media digital yang memudahkan konsumen atau pelanggan untuk saling berkomunikasi secara online. Sederhananya , Digital marketing adalah segenap metode pemasaran yang melibatkan Internet dan peralatan elektonik.  Mulai dari social media marketing, content marketing, dan SEO, semuanya masuk di bawah payung istilah digital marketing.

Di lain sisi seperti layaknya strategi bisnis yang lain, digital marketing juga memiliki tantangan yang harus dihadapi oleh para penggunanya. Salah satu tantangan utamanya adalah ruang lingkup dan skala digital marketing itu sendiri. Maksudnya, jika rekan pembaca berminat untuk menerapkan digital marketing, maka rekan pembaca harus memikirkan rencana dan teknik seperti apa yang akan digunakan. Lalu menentukan jumlah kegiatan yang akan dikelola, menentukan konten yang dinamis, menarik, terprogram, dan lain sebagainya. 

Meskipun memiliki tantangan yang cukup berat, bisa dikatakan untuk era seperti sekarang ini , digital marketing sangat penting bagi pertumbuhan bisnis sebuah perusahaan.

Alasan Mengapa Digital Marketing Itu Sangat Penting

1. Skala Perusahaan Bukan Lagi Menjadi Penghalang

Melalui teknik pemasaran secara digital perusahaan yang baru dimulai atau startup skala kecil bisa bersaing head to head dengan brand-brand besar. Ilustrasi mudahnya, Anda tidak harus menyewa tempat di Internet dengan budget besar dan outlet fisik yang hanya bisa menyasar konsumen di lokasi tertentu.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menentukan target Anda, lalu membuat strategi digital marketing yang sesuai. Slogan, konten, dan pembacaan demografi yang tepat, semuanya bisa Anda kerahkan untuk membuat produk Anda semakin familiar di mata konsumen. Tidak peduli seberapa besar skala perusahaan Anda, siapa pun bisa memulainya.

2. Lebih Hemat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa gaya pemasaran konvensional sangat memakan biaya. Berapa lembar pamflet yang harus Anda cetak? Billboard besar yang Anda pasang di jalan? Dengan digital marketing, Anda tidak perlu memaksakan semua itu.

Target utama digital marketing adalah untuk mendapatkan CPL (cost-per-lead) yang rendah. Semakin rendah angka CPL, semakin efektif cara Anda menggunakan budget perusahaan.

Pengetahuan tentang cara menjalankan strategi pemasaran dengan basis digital saat ini dengna mudah didapatkan melalui berbagai kursus dan referensi di Internet. Yang Anda perlukan hanyalah laptop dan gadget yang memadai.

Akan tetapi, agar strategi Anda semakin fool-proof, sebaiknya Anda menggunakan jasa konsultan digital marketing. Mereka adalah orang-orang yang memang terlatih untuk mengantarkan brand Anda agar menjadi yang terdepan di kategorinya. Tarifnya pun akan sepadan dengan hasilnya.

DIgital Marketing dapat memudahkan di dalam melakukan analisa data

3. Lebih Mudah Untuk Melakukan Analisa Data

Target utama digital marketing adalah conversion rates yang tinggi. Ini cara baru dalam dunia marketing yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Dunia Internet berarti dunia data yang serba terintegrasi. Jika dulu Anda harus menyelenggarakan riset rumit dan menebak-nebak hal apa saja yang bisa membuat orang tertarik membeli produk atau jasa Anda, sekarang semuanya bisa dilihat dari data yang masuk.

Berapa orang yang mengunjungi website Anda, berapa orang yang mengikuti mailing list Anda, topik apa yang paling banyak dibaca, jam berapa Instagram photo Anda paling banyak dilihat, gadget apa yang mereka gunakan, ini semua masuk sebagai data yang bisa dilihat sebagai conversion rates.

Melalui sosial media, lebih mudah juga bagi sebuah brand untuk menjangkau calon customernya. Dan seperti yang mungkin telah Anda tahu, orang cenderung merasa aman membeli dari pihak yang terasa familiar dan menyenangkan di mata mereka.

Ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai eksperimen untuk mengetahui trik mana yang paling menjaring lebih banyak customer. Artinya hal ini akan memberikan ruang untuk terus belajar dan melakukan banyak pengembangan.

Baca : PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK EFISIENSI BIAYA

4. Relatif Mudah Dilakukan

Reputasi brand adalah nyawa bagi perusahaan. Dan, di mana lagi Anda bisa melakukan itu dengan murah dan mudah jika bukan melalui Internet?

Untuk inilah digital marketing sangat diperlukan. Melalui sosial media, Anda memiliki ruang sendiri untuk menciptakan jenis reputasi atau image yang brand Anda butuhkan.

Caranya dengan membuat konten yang share-able, permainan menyenangkan seperti kontes atau giveaway, bahkan kuis. Anda juga bisa meminta saran dan masukan mengenai jenis produk atau konten melalui fitur komen. Dengan begitu, relasi antara brand dan target terjalin secara organik.

Gaya pemasaran yang hanya mengandalkan penjualan produk secara langsung sudah mulai ketinggalan zaman. Sebagai catatan, riset menunjukkan bahwa 84% generasi millenial pengguna Internet menyalakan adblocker. Hal ini akan membuat Anda mustahil menyodorkan informasi tentang produk Anda begitu saja tanpa jaminan reputasi dan ulasan yang positif.  Jadi, pastikan Anda punya tim yang tepat untuk strategi digital marketing Anda.

Digital Marketing adalah masa depan.

Digital Marketing Adalah Masa Depan

Agar bisnis bertahan dan berkembang, Anda harus mengakrabkan diri dengan lahan tempat target Anda banyak menghabiskan waktunya. Di masa depan, diperkirakan ikatan masyarakat kepada Internet akan semakin tinggi.

Oleh karena itu terjawab sudah alasan banyak perusahaan-perusahaan besar dunia semakin memberikan investasi mereka pada digital marketing. Artinya, metode pemasaran digital semakin diyakini sebagai strategi wahid agar perusahaan Anda semakin profit.

Jadi, segera susun strategi pemasaran digital Anda sebelum terlambat. Anda juga bisa menghubungi tim Optima Solusi Digital untuk berdiskusi lebih lanjut dan menentukan apa yang bisa kami lakukan untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *