Mengapa Bisnis UMKM Wajib Go Online

MENGAPA BISNIS UMKM WAJIB GO ONLINE

Dari 60 juta jumlah UMKM yang ada di Indonesia, sekitar 9,4 juta diantarnya sudah go online. Itulah data yang resmi yang disampaikan oleh Kominfo ( Kementrian Komunikasi dan Informasi) pada bulan Maret 2020 lalu. Tentu bukan tanpa alasan jika pemerintah begitu gencar mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan dunia digital

Riset lain yang dilakukan oleh McKinsey Global Institute mengungkapkan Indonesia merupakan negara yang terdigitalisasi dengan cepat. Dalam kurun 5 tahun (2015 – 2020), diperkirakan terdapat 50 juta pengguna baru layanan internet. Pesatnya pertumbuhan di dunia digital , salah satunya menciptakan peluang bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memperluas pemasaran. Bukan hanya di pasar nasional bahkan berpotensi untuk bersaing di pasar global.

Dengan go online tak ada lagi sekat yang membatasi interaksi antara konsumen dan pedagang. Berikut merupakan ulasan selengkapnya terkait alasan mengapa bisnis UMKM wajib go online.

Baca : MENGAPA DIGITAL MARKETING SANGAT PENTING BAGI BISNIS

bisnis UMKM wajib go online

1. UMKM Berpotensi Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas

Alasan pertama yang mendasari para pelaku UMKM agar memanfaatkan ekosistem digital adalah demi memperluas jangkauan pasar. Keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran sejak dari dulu memang menjadi kendala utama bagi bisnis kecil. Saat ini, hal tersebut sudah bisa diminimalisir berkat kehadiran sosial media serta website yang jangkauan pemasarannya bisa menembus batasan marketing tradisional.

2. Mengurangi Potensi Kehilangan Pasar

Dalam hal ini, yang dimaksud dengan kehilangan pasar atau market adalah kecenderungan pengguna yang mulai nyaman dengan ekosistem digital. Mulai dari jasa transportasi online, pesan makanan secara online, transaksi online, hingga belanja kebutuhan secara online.

Bisnis Anda mau tidak mau harus menyesuaikan dengan kebiasaan ini. Jika tidak, maka bersiaplah untuk kehilangan potensi pendapatan dari konsumen yang semakin dimanjakan dengan kemudahan akses online.

3. Pertumbuhan Pengguna Internet Yang Kian Masif

Dari berbagi macam sumber kita semua tahu bahwa saat ini jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahun selalu meningkat secara signifikan. Dengan berbekal data tersebut rasanya sangat masuk akan bagi para pelaku UMKM untuk mulai merambah pasar digital jika bisnisnya ingin tetap relevan.

4. UMKM Akan Terlihat Lebih Profesional

Dengan go online UMKM tidak hanya berpotensi meraup lebih banyak pelanggan, tapi juga mulai memasuki babak persaingan baru di ranah industri modern. Walaupun masih menyandang status bisnis kecil, Anda akan mendapatkan nilai lebih dari calon pelanggan jika sudah memiliki sosial media dan website sebagai media pemasaran.

Pertanyaanya adalah sudah sejauh mana bisnis Anda mempersiapkan hal ini ?. Seharusnya dengan era ketebukaan informasi seperti saat ini belajar atau mulai membiasakan diri dengan digitalisasi tidak sulit dilakukan.

Baca : STRATEGI BISNIS OFFLINE AGAR TIDAK PUNAH DI ZAMAN E-COMMERCE

Bisnis UMKM wajib go online untuk bisa bersaing di era digital

5. Biaya Yang Lebih Rendah

Salah satu manfaat go online yang paling menyenangkan adalah bisa menekan biaya operasional. Bagi para pelaku UMKM biaya operasional seperti sewa kios, workshop, serta pemasaran offline tentu sangat memberatkan.

Dengan go online para pegiat UMKM bisa lebih menghemat modal karena tidak harus meiliki toko fisik agar produk bisa dikenal. Misalnya saja pemanfaatan website. Dengan bermodal website binis, Anda sudah bisa memiliki semacam showcase sebagai tempat calon konsumen berkumpul dan melakukan transaksi pembelian.

6. UMKM Dapat Mengatur Budget Pemasaran Sesuai Kebutuhan

Siapa bilang pemasaran digital harus mengeluarkan banyak uang? Pada prinsipnya budget pemasaran digital justru lebih transparan dan akuntabel dibandingkan metode pemasaran offline yang memerlukan waktu serta tenaga ekstra.

Untuk memperkenalkan bisnis, Anda bisa memanfaatkan platfom Facebook Advertisement. Salah satu kelebihan layanan pemasaran melalui facebook ini adalah Anda dapat menjangkau banyak orang atau wilayah yang sebelumnya tidak terbayang dalam benak Anda.

7. Pertumbuhan Lebih Cepat

Alasan terakhir yang menjadi dasar bagi para pelaku UMKM terletak pada faktor pertumbuhan yang lebih cepat. Kecepatan penyebaran informasi saat ini memang menjadi kunci utama dalam setiap bisnis digital. Dengan memanfaatkan platform digital secara maksimal maka jumlah orang yang melihat produk Anda dipastikan bakal lebih banyak dan lebih beragam. Alhasil, potensi penjualan bisa semakin besar.

Baca : TIPS MEMBUAT IKLAN YANG MENARIK

Go Online Sekarang Juga

Itulah tujuh alasan mengapa bisnis UMKM wajib go online. Beralih dari pasar offline ke ranah online memang tiak semudah membalikkan telapak tangan. Ketika memasuki ranah digital berarti Anda juga harus siap untuk menanggung segala konsekuensi yang ditimbulkan. Misalnya, harus sigap dalam merespon berbagai pertanyaan konsumen, harus menguasai teknik packagingkemampuan untuk closing penjualan dan lain sebagainya.

UMKM wajib Go Online untuk menjangkau pasar yang lebih luas

Berbeda dengan konsep pemasaran tradisional yang biasanya hanya menjangkau calon pelanggan dari area terbatas, pemasaran digital didorong untuk menenembus batas wilayah yang sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan. Kendati demikian, jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal baru. Jadikan rintangan sebagai pembelajaran agar bisnis Anda kedepannya bisa semakin berkembang.

Salah satu tujuan utama berdirinya Optima Solusi Digital adalah untuk berkomitmen penuh dalam mendukung perkembangan ekosistem digital bagi UMKM. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya variasi produk dan layanan pendampingan yang kami berikan kepada UMKM.

Jadi, Apakah bisnis UMKM Anda sudah siap untuk go online?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *