Customer Service Development

Di dalam sebuah bisnis, terdapat beberapa tahap yang menunjukkan bahwa bisnis tumbuh dan berkembang. Proses ini disebut Product Life Cycle.

Product Life Cycle

Dari proses penjualan produk, peran sales sangat ditekankan pada introduction, growth, dan maturity. Seiring waktu berjalan, lama kelamaan penjualan akan masuk pada tahap decline. Sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja, bisnis Anda bisa anjlok. Namun jika Anda lihat pada bagian atas decline terdapat kata product extension.

Peran Customer Service

Di sinilah peran customer service! Mereka akan membantu sales untuk menghindari decline. Dengan cara apa? Tentunya dengan memberikan pelayanan yang baik terhadap customer.

Anda semua pasti sependapat bukan ?. Sebagian besar konsumen akan melakukan repeat order jika produk yang mereka beli memuaskan. Bagaimana dengan yang tidak puas?. Sudah pasti mereka akan komplain dan akan menghubungi customer service. Pelayanan dari customer service terhadap customer yang kecewa akan menentukan. Apakah para customer akan kapok menggunakan produk dan beralih ke produk lain atau membuat mereka akan kembali mencoba produk dari bisnis Anda karena pelayanan yang baik.

Dalam beberapa contoh online shop yang sudah menjadi klien dari Optima Solusi Digital, tim customer service juga berperan sebagai sales. Artinya mereka harus memiliki kemampuan menjual maupun melakukan pengelolaan pelanggan dengan baik.

Kemampuan Wajib Seorang Customer Service

1. Perhatian

Kemampuan untuk benar-benar mendengarkan customer sangat penting untuk menyediakan service yang baik. Tidak hanya penting untuk memperhatikan interaksi secara individual (bahasa / istilah yang digunakan konsumen) , tetapi juga penting untuk berhati-hati dan memperhatikan feedback yang diterima.

2. Keterampilan Komunikasi

Catatan paling penting yang dibutuhkan customer service adalah menyampaikan pesannya secara jelas kepada customer. Sampaikan secara simple dan tanpa meninggalkan keraguan.

3. Pengetahuan Produk

Hal ini bukan berarti bahwa setiap anggota tim harus mampu membangun produk Anda dari awal, melainkan harus tahu seluk-beluk bagaimana produk Anda bekerja. Tanpa mengetahui produk Anda dari awal sampai akhir, Anda tidak akan tahu bagaimana cara untuk membantu customer ketika mereka mengalami masalah.

4. Keterampilan Membaca Konsumen

Pada era saat ini , Anda tidak perlu untuk berhadapan dengan customer secara face-to-face. Namun hal ini bukan berarti Anda bisa melupakan prinsip dasar perilaku secara psikologi, terutama keterampilan “membaca” keadaan emosional konsumen.

Keterampilan ini sangat penting. Ketika Anda salah membaca konsumen, pada akhirnya konsumen potensial akan hilang karena kebingungan dan miskomunikasi.

5. Kemampuan Mempersuasi

Untuk meningkatkan keterampilan customer service ke level yang lebih tinggi perlu untuk menguasai bagaimana cara persuasi. Tujuannya adalah agar dapat meyakinkan konsumen bahwa produk Anda tepat untuk mereka.

6. Bersedia Untuk Terus Belajar

Jika Anda membaca semua isi artikel ini sampai akhir, Anda mungkin sudah memiliki keterampilan yang satu ini! Bagus sekali!. Ini mungkin adalah keterampilan yang sangat umum namun masih diperlukan.

Mereka yang tidak berusaha untuk meningkatkan apa yang mereka lakukan, apakah itu membangun produk, bisnis pemasaran, atau membantu customer, akan tertinggal oleh orang yang bersedia untuk berinvestasi dalam meningkatkan keterampilan mereka.

Sales Script

Seperti halnya dalam membuat film yang bagus, memerlukan naskah yang bagus pula. Namun untuk menjadi penulis naskah yang jitu membutuhkan pengalaman dan waktu. Untuk para customer service senior mungkin ini akan menjadi hal yang sudah biasa dan diluar kepala, namun terkadang mereka tidak memiliki waktu untuk menuliskan sales script.

Pertanyaan dan penolakan yang muncul mungkin sama, namun jawaban yang diberikan biasanya akan berbeda. Oleh karena itu sales script juga berisi mengenai bagaimana cara menghadapi pertanyaan dan penolakan yang bisa ditangani dengan baik.

Tidak semua bisnis akan berjualan dengan cara yang sama dan memang tidak harus sama. Jadi, mengapa harus membuang waktu?. Mengapa tidak gunakan saja sales script yang telah Optima Solusi Digital buat. Lalu modifikasi sesuai kebutuhan, sesuai dengan produk atau jasa yang Anda jual dan tentunya dilatihkan secara intensif kepada tim customer service ( tim penjualan) Anda.

Hubungi Kami