basis selling skill

BASIC SELLING SKILL

Selling skill yang mumpuni adalah hal fundamental bagi tim penjual, bahkan bagi semua perusahaan. Kenapa ? Kita pasti sependapat bahwa didalam sebuah industri, hal yang terpenting adalah bagaimana caranya sebuah perusahaan bisa menjual. Kinerja sebuah perusahaan tergantung dari penjualan.

Selling skill bukan merupakan bakat alam atau artinya skill berjualan itu dapat kita asah dan kita pelajari. Dengan mempelajari basic selling skill , paling tidak sebagai penjual kita memiliki senjata untuk berhadapan dengan bermacam tipe pelanggan.

Apalagi di dalam era persaingan yang makin terbuka seperti saat ini. Sekedar asal berjualan tentu bukan pilihan bijak, terlebih bila perusahaan Anda memiliki target besar dan ingin terus bertahan. Oleh karena sebagai pengusaha, Anda wajib memiliki selling skill yang mumpuni.

Ingin Meningkatkan Skill Penjualan Tim Anda ?

3 Pondasi Utama Selling Skill

Pentingnya kinerja penjualan bagi perusahaan menjadi sebab kenapa sangat perlu bagi kita mengetahui bagaimana caranya berjualan yang baik. Ada tiga hal yang sangat penting sebagai hal dasar untuk memiliki selling skill yang mumpuni.

selling skill sangat diperlukan oleh usaha di bidang apapun

1. Pola Pikir Penjulan Yang Baik

Yang pertama kita harus memiliki pola pikir penjualan yang baik. Pola pikir seperti apa? Kita harus memiliki pikiran kalau berjualan, kita memiliki tujuan yang baik. Mungkin banyak orang-orang yang bicara bahwa banyak penjual hanya mengajak kita atau membujuk kita tanpa bertujuan baik. Tetapi jika kita mau berhasil, hal pertama yang harus kita miliki adalah bahwa kita memiliki tujuan baik dalam melakukan penjualan.

Pola pikir penjualan yang baik sendiri sangat tergantung pada tiga hal. Pertama kita harus berusaha dalam berjualan itu, produktif. Artinya kita harus efektif dan efisien.

Baca : KAMU YANG MANA ? SALES ATAU MARKETING

Kemudian hal kedua yang perlu dilakukan adalah proses kreatif. Seringkali pada saat kita berjualan terjadi penolakan. Apa yang terjadi jika kita ditolak saat penjualan? Disini sangat diperlukan bahwa kita memiliki suatu kreatifitas sehingga kita mencari jalan lain untuk kita dapat menjual apa yang kita jual itu.

Dan yang terakhir, yang ketiga, kita harus memiliki sifat intrapreneurship karena kita menganggap bahwa kita didalam sebuah perusahaan maka kita harus memiliki satu sifat dimana kita berani untuk mengambil resiko. Itulah hal pertama yang perlu dibangun supaya Anda menjual lebih berhasil, yaitu pola pikir penjualan.

Selling skill bisa dipelajari oleh siapapun dan bisa diterapkan oleh bisnis apapun

2. Memahami Proses Penjualan

Seringkali kebanyakan orang hanya ingin hasilnya dan terkadang melupakan prosesnya . Kita harus tahu proses mulai dari awal, pertama kali, sebelum kita berjualan, kemudian saat kita berjualan sampai dengan setelah kita mengakhiri penjualan.

Pada Proses pre selling atau sebelum penjualan kita harus memiliki data yang cukup baik, supaya penjualannya jadi lebih baik. Kemudian setelah itu masuk ke proses penjualan. Mulai dari mendekati calon pelanggan, menggali kebutuhan, menjelaskan produk yang dijual sampai dengan sales closing atau penutupan penjualan. Apakah cukup sampai disitu? Tidak.

Baca : PENTINGNYA DATABASE PELANGGAN UNTUK KESUKSESAN BISNIS

Setelah penutupan penjualan sebetulnya ada satu tahapan berikutnya yang perlu dilakukan, yaitu bagaimana caranya kita melakukan pengelolaan setelah penjualan. Dampaknya akan sangat besar apabila dapat melakukan after sales service dengan baik. Manfaat apa yang kita dapatkan? Satu, nasabah tersebut akan loyal pada produk kita. Selain itu jika mereka merasa puas, apa yang mereka lakukan?. Mereka akan bercerita kepada orang lain bahwa produk yang kita jual atau tenaga penjual telah menjual produk dengan sangat baik.

3. Pengelolaan Penjualan

Memiliki selling skill mumpuni adalah awal mula kesuksesan penjualan

Pengelolaan Penjualan dimulai dari perencanaan, implementasi sampai dengan monitoring atau evaluasi. Tiga hal tersebut adalah untuk melihat keberhasilan sebuah tim penjualan.

Pengelolaan penjualan disini tentunya harus bisa mejelaskan secara detail mulai dari rencana aktifitas, pelaksanaanya sampai dengan pencapaian targetnya. Intinya dalam pengelolaan penjualan ini akan berjalan dengan baik apabila pola pikir penjualan dan proses penjualan sudah berjalan dengan baik.

Baca : MANFAAT SOFTWARE ERP UNTUK BISNIS ANDA

Pentingnya Basic Selling Skill

Seperti sudah diuraikan diatas ada tiga hal utama yang menjadi dasar untuk menguasai selling skill. Pertama bicara mindset, kedua bicara tahapan penjualan, dan yang ketiga bicara tentang pengelolaan penjualan.

Dalam melakukan penjualan seringkali kita gagal. Mengapa kita gagal? Karena kita ingin instan. Proses penjualan itu tidak semata-mata hanya baru kenal lalu baru kita bisa berjualan. Disinilah pentingnya sebagai penjual kita harus memiliki basic selling skill yang baik.

Tentunya tidak cukup sampai disitu pemahaman yang perlu dipahami, karena setiap tahapan dalam basic selling skill sendiri memiliki penjelasan yang panjang. Tahapan-tahapan tersebut akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel Optima Solusi Digital selanjutnya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *