pentingnya-after-sales-service-untuk-bisnis

AFTER SALES SERVICE SEBAGAI KUNCI KESUKSESAN BISNIS

After Sales Service Berkualitas Merupakan Kunci Kesuksesan Bisnis
After Sales Service

Dalam berbisnis, Anda perlu paham apa itu after sales service. After sales service atau layanan purna jual mengacu pada semua hal yang Anda lakukan untuk merawat dan memberi kepuasan pelanggan dalam bentuk layanan yang berharga setelah mereka membeli produk Anda. Jenis layanan purna jual pelanggan ini penting untuk bisnis apapun.

Layanan after sales service berkualitas tinggi akan sangat baik untuk bisnis Anda. Dan sebaliknya juga akan sangat bernilai untuk pelanggan Anda. Ketika Anda membantu mereka mendapatkan hasil maksimal dari produk atau layanan Anda, mereka secara alami lebih bahagia dengan itu. Hal Itu membuat mereka lebih cenderung memesan lagi, dan memberi tahu semakin banyak orang diluar sana.

Dengan kata lain, semakin Anda membuat pelanggan nyaman, semakin besar kemungkinan membuat mereka kembali dengan loyalitas dan antusiasme mereka. Pelanggan yang loyal akan menjadi duta merek, pengulas positif, dan suara tepercaya yang akan memberi bisnis Anda ulasan hebat. Dengan sukarela, mereka akan menyanyikan pujian di media sosial, dan memberi Anda umpan balik yang jujur ​​tentang produk dan fitur baru.

Pentingnya After Sales Service Untuk Perusahaan

Penerapan layanan after sales service yang berkualitas sangat penting bagi bisnis Anda. Pertama, akan membangun hubungan baik dengan konsumen Anda. Dengan begitu akan menjaga konsumen agar tidak berpindah ke kompetitor. Kedua, ,membuat pelanggan menjadi loyal. Pelanggan loyal merupakan salah satu sumber promosi untuk mendatangkan konsumen baru. Tentu hal ini sangat penting bagi bisnis karena bisa menjadi media promosi gratis yang efek positifnya sangat besar.

Ketiga, after sales service bisa menjadi media antara bisnis Anda dengan konsumen untuk bertukar informasi. Konsumen yang bertanya, melakukan komplain, atau mengklaim kerusakan akan menjadi masukan berharga bagi bisnis Anda. Dalam hal ini, dengan segera Anda bisa melakukan perbaikan atas kualitas produk yang dijual.

Baca : CARA CERDAS MENANGANI KOMPLAIN PELANGGAN

Keempat, akan meningkatkan reputasi bisnis Anda dimata konsumen. Reputasi bisnis yang baik adalah salah satu pondasi utama yang bisa menjaga keberlangsungan bisnis. Selain itu reputasi bisnis yang baik juga akan memudahkan anda dikenal luas di pasar. Tidak hanya itu, bagi Anda yang sedang butuh investor untuk bisnis, reputasi bisnis yang baik akan menjadi salah satu pertimbangan utama investor dalam melakukan investasi.

Beberapa Contoh Layanan After Sales Service Yang Bisa Diterapkan

Para pelaku bisnis menyebut after sales service sebagai bagian dari siklus hidup penjualan. Siklus penjualan seharusnya berputar ke belakang untuk penjualan di masa depan. Artinya, penjualan tidak berakhir hanya dengan satu proses closing saja. Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa contoh yang akan membantu Anda membangun hubungan pelanggan yang kuat sehingga mereka datang kembali.

1. Kartu Ucapan

Kartu ucapan terlihat sederhana, namun akan sangat berkesan bagi pelanggan Anda. Pilih momen yang akan bermakna bagi pelanggan, seperti ucapan selamat ulang tahun atau ucapan terima kasih setelah Anda melakukan presentasi penjualan. Susun pesan Anda dengan hati-hati. Pastikan untuk mengatakan bahwa Anda akan dengan senang hati melayani pelanggan tersebut. Saat ini proses ini bahkan dapat diotomatisasi jika CRM Anda terintegrasi dengan layanan aplikasi digital.

Baca : PENTINGNYA DATABASE PELANGGAN UNTUK KESUKSESAN BISNIS

Desain Kemasan Unik Merupakan Salah Satu Bentuk After Sales Service
Contoh Desain Kemasan Produk Unik

2. Membuat Desain Kemasan Unik

Kemasan produk yang bagus dan berkualitas akan selalu bernilai investasi tinggi. Kemasan yang bagus dapat menyenangkan bagi pelanggan. Karena hal itu adalah bentuk layanan purna jual yang baik untuk pelanggan dan secara harfiah akan membuat merek Anda terlihat bagus.

3. Kupon Diskon Maupun Voucher Belanja

Apakah Anda baru saja menyelesaikan penjualan?. Mengapa tidak memulai layanan yang lain?. Memperluas kupon terima kasih kepada pelanggan baru ibarat kata Anda memulai siklus hidup penjualan dari awal lagi. Jika Anda menerima komplain akibat produk yang tidak sesuai, pikirkan pendekatan lain. Dapatkah Anda membantu mereka memberikan produk Anda sebagai hadiah?. Atau bisakah Anda membuat kupon yang ingin mereka berikan kepada teman atau kolega?.

4. Tutorial Pemakaian Produk

Apakah produk Anda bernuansa, agak sulit dipelajari, atau memiliki fitur yang kurang dimanfaatkan?. Jika iya, cobalah membuat tutorial yang memudahkan. Tutorial adalah bentuk aftercare pelanggan yang bermanfaat. Tutorial ini akan sangat membantu pelanggan didalam memahami dan menggunakan semua fitur yang ditawarkan sebuah produk.

5. Ucapan Selamat Ulang Tahun

Mengucapkan “selamat ulang tahun” pada waktu yang tepat bisa jadi sangat berkesan bagi pelanggan. Ucapan melalui email atau hadiah bisa membuat kesan mendalam dan kuat. Ucapan seperti ini juga bisa membantu Anda menjangkau pelanggan hingga berbulan-bulan setelah penjualan. Cobalah pasangkan metode kupon,diskon atau voucher belanja dengan email yang berisi kata-kata indah untuk mengucapkan selamat ulang tahun yang tulus kepada mereka.

Sudah Makin Menyadari Betapa Pentingnya After Sales Service ?

Begitulah seharusnya. Bila disimpulkan, layanan after sales service berfokus pada upaya memuaskan pelanggan setelah penjualan, tetap berhubungan, meminta ulasan, referensi, dan menghargai loyalitas. Jadi, penting sekali bukan ?.

Jika Anda belum memiliki program after sales service, mungkin inilah saatnya untuk mulai melakukan brainstorming. Rapatkan dengan tim bisnis Anda dan segeralah susun program layanan purna jual yang akan dilakukan. Tidak perlu takut untuk memulai meskipun Anda masih awam sekalipun. Banyak sekali referensi artikel dan jenis layanan purna jual yang bisa Anda cari melalui mesin telusur.

Software CRM Optima Solusi Digital

Anda juga bisa bertanya kepada kolega bisnis yang sudah menerapkan layanan purna jual di bisnis mereka. Atau anda bisa menghubungi kami disini untuk mendapatkan konsultasi lengkap untuk membangun sistem after sales service yang sangat mudah digunakan untuk segala macam tipe bisnis.

Selamat Mencoba!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *