5 STRATEGI PEMASARAN DI ERA DIGITAL

5 strategi pemasaran untuk bersaing di era digital
5 strategi marketing untuk bersaing di era digital

Strategi pemasaran, membicarakannya mungkin kedengarannya sederhana. Namun, faktanya masih banyak orang yang beranggapan dapat memulai bisnis dengan pengetahuan seadanya. Salah satunya anggapan bahwa promosi dan pemasaran adalah sesimpel beriklan di media dan menunggu calon konsumen.

Padahal strategi pemasaran merupakan sesuatu yang lebih kompleks dibanding itu. Apalagi saat ini di era digital, dimana media pemasaran bukan hanya koran,radio atau televisi. Apabila di cara konvensional saja strategi pemasaran sudah terbagi-bagi, apalagi di era digital di mana media yang ada lebih bervariasi.

Sebagai pebisnis, Anda harus benar-benar bekerja keras menemukan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat bersaing di era digital seperti saat ini. Untuk mempermudah Anda, Optima telah merangkum 5 jenis strategi pemasaran efektif sebagai referensi untuk membantu bersaing di dunia digital.

1. Strategi Pemasaran Dengan Social Media Marketing

Social media marketing adalah kegiatan pemasaran produk atau layanan menggunakan platform media sosial. Fungsi media sosial awalnya adalah untuk menghubungkan berbagai lapisan masyarakat. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi tersebut telah berevolusi menjadi tempat untuk berbisnis bagi para pelaku usaha.

Di Indonesia misalnya, hampir semua orang menggunakan media sosial. Hal ini membuat media sosial menjadi salah satu media efektif untuk promosi bisnis. Oleh karena itu agar bisnis Anda bisa berkembang, tidak ada salahnya menggunakannya untuk promosi. Tentu saja setiap media mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Jadi Anda harus menyesuaikan cara promosi yang digunakan.

Baca : STRATEGI MENINGKATKAN ENGAGEMENT DI INSTAGRAM

Strategi pemasaran sebaiknya mobile friendly
Pemasaran Mobile Friendly

2. Strategi Pemasaran Yang Mobile Friendly

Sekarang ini hampir semua orang mempunyai handphone bukan?.

Tentu saja, hampir semua orang memiliki handphone untuk menunjang aktivitas mereka. Oleh karena itu jika Anda melakukan promosi melalui website ataupun media digital lainnya pastikan mobile friendly. Hindari menggunakan kalimat yang terlalu panjang dan banyak. Sebaiknya gunakan kalimat promosi yang padat dan efektif. Jika Anda memberikan gambar, sebaiknya gunakan gambar yang tidak terlalu besar resolusinya agar mudah terbuka.

3. Content Marketing

Content marketing merupakan proses pemasaran dengan membuat dan mendistribusikan konten yang relevan untuk menarik target pasar yang diharapkan. Dengan strategi pemasaran ini, Anda dapat membangun identitas brand. Selain itu, apabila dilakukan dengan konsisten bukan tidak mungkin akan mendatangkan traffic organik ke bisnis Anda.

Konten-konten berupa foto, video, story, artikel, audio dan hal lain yang menarik dan bernilai merupakan kunci keberhasilan metode ini. Oleh karena itu kreatifitas merupakan kunci agar konten yang Anda buat berhasil menarik perhatian banyak orang.

Baca : TIPS MEMBUAT IKLAN YANG MENARIK

4. Memaksimalkan Call To Action Marketing

Anda tentu pernah menemukan kata-kata seperti, dapatkan informasi lengkap hanya di sini ?. Atau ,dapatkan sekarang juga, promo terbatas. Atau tonton video ini dan lain sebagainya. Jika kemudian Anda melakukan klik dan kemudian membeli sesuatu, artinya Anda telah terpapar strategi call to action marketing.

Call to action marketing (CTA) merupakan strategi pemasaran menggunakan pernyataan yang dirancang untuk mendapatkan respon langsung dari orang yang membaca atau mendengarnya. Salah satu tujuan CTA adalah untuk mendapatkan klik ,pindai kode QR dan lain sebagainya.

Baca : KONSEP MARKETING YANG WAJIB DIKETAHUI

5. Memaksimalkan Strategi Email Marketing

Seperti namanya, strategi pemasaran digital jenis ini menggunakan email sebagai media promosi utama. Biasanya pihak pemasar akan mengirim email kepada calon konsumen maupun konsumen setia.

Tujuannya adalah untuk menawarkan produk agar mendapatkan konsumen baru . Bisa juga untuk memberi update tentang produk terbaru. Selain itu email marketing juga sangat berguna untuk menjalin hubungan dengan konsumen setia.

Strategi pemasaran dengan email marketing
Email Marketing

Nah itulah 5 strategi yang bisa Anda optimalkan untuk bisa tetap bersaing di era digital. Kini saatnya memilih mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Jangan dilupakan untuk selalu mengukur dan melihat seberapa efektif strategi pemasaran tersebut bekerja. Selamat Mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *